Studi Karst di Dinas Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul

YOGYAKARTA - Kepala Dinas ESDM Provinsi Kaltim, Ir. H. Wahyu Widhi Heranata, MP didampingi Kepala Seksi Pemetaan Geologi Bidang Geologi dan Air Tanah Tajuddin Laddade, S.T, M.Si, Penyelidik Bumi Ahli Pertama Faried Rahmany, ST, Anggi Zwageri, ST, serta Siti Kodijah Dosen Fakultas Hukum Universitas Mulawarman melaksanakan studi Karst di Dinas Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul Provinsi Yogyakarta, Kamis 26 September 2019, adapun kegiatan ini dilaksanakan selama lima hari dari tanggal 25 September - 29 September 2019.

Wahyu Widhi Heranata menyampaikan bahwa tujuan kunjungan dan diskusi terkait Kawasan Bentang Alam Karts Sangkulirang - Mangkaliat yang akan dikembangkan sebagai Geopark. 

Selain itu juga perlu belajar dalam pengembangan, pengelolaan dan tatacara pengusulan Geopark. Adapun FGD sudah dilaksanakan di daerah. Baik di Kabupaten Kutai Timur maupun Berau.

"Kegiatan ini juga untuk menambah wawasan dan membangun pemahaman stakeholders terkait di Kaltim. Khususnya pengembangan Taman Bumi (Geopark) untuk destinasi wisata, pendidikan dan penelitian serta pengembangan ekonomi kerakyatan," tambahnya.

Rombongan diterima oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul, yang juga Sekretaris Geopark Gunung Sewu dan Sekretaris Jaringan Geopark Indonesia, Harry Sukmono yang menjelaskan bahwa masyarakatnya terlibat secara aktif dalam pengelolaan pariwisata. Dimana retribusi daerah yang dipungut sebagian dikembalikan ke desa dan kas daerah.

Read 1240 times Last modified on September 27 2019

Kontak Kami

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Kalimantan Timur

Jl. MT. Haryono No.22 - Samarinda 75124

Telepon. (0541) 733621

Fax. (0541) 4113882