Kunjungan TGUP3 dan Bappeda Kaltim, Bahas Strategi dan Program Kerja Dinas

Published in Kegiatan October 15 2019

Samarinda, Sekretaris sekaligus Plt. Kepala Bidang Geologi dan Air Tanah Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Prov. Kaltim, Ir. H. Frediansyah, Selasa (15 Oktober 2019) siang menerima kunjungan dari Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUP3) Kaltim bersama dengan Bappeda Prov. Kaltim. Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama TGUP3 ke Dinas ESDM Prov. Kaltim terkait pembahasan program prioritas dan antisipasi penetapan kaltim sebagai ibukota negara.

Fredianyah dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Provinsi Kalimantan Timur hingga saat ini pendapatan terbesarnya masih melalui sektor mineral dan batubara serta migas, hingga saat ini tercatat dana bagi hasil mineral dan batubara sebesar 1,17 Triliun pada triwulan III 2019 dari 1,3 Triliun rencana DBH Pemrov Kaltim, kita optimis pada akhir tahun target tersebut dapat tercapai bahkan lebih mengingat masih banyaknya perusahaan batubara yang berproduksi, sedangkan dari sektor minyak dan gas bumi baru tercapai 710 Miliar dari target 1 Triliun pada tahun 2019.

“Sesuai strategis Gubernur Kalimantan Timur yaitu terpenuhi kebutuhan rumah berlistrik di Kaltim yang mencapai 3,5 juta rumah, bahwa hal ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan penambahan jaringan listrik yang telah ada dimana saat ini baru 85,50 % dan kedua dari sektor Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi yang saat ini baru mencapai angka 4,48 %” tambahnya.

Sementara, Kasubbid Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Bapedda Prov. Kaltim, Hj. Rina Julianti, S.Si, M.Si menyampaikan tujuan kunjungannya bersama TGUP3 ini yaitu melakukan pemantauan terkait program – program dan kegiatan – kegiatan di Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Prov. Kaltim dan terutama kegiatan kedepan berkaitan dengan terpilihnya Kalimantan Timur sebagai Ibukota Negara.”

Hadir sebagai ketua TGUP3 Prof. Abdul Rahim yang menyebutkan bahwa kunjungan ini merupakan kunjungan Dinas yang ke 7 dari 10 Dinas yang direncanakan bersama dengan Bappeda Prov. Kaltim dalam rangka mengawal kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah kalimantan timur, dengan harapan dengan adanya kunjungan ini diketahui permasalahan – permasalahan di setiap OPD dan bersama – sama mencari solusi yang terbaik untuk percepatan pembangunan di Kalimantan Timur sebagaimana yang diketahui bersama bahwa Kalimantan Timur ditetapkan sebagai Ibukota Negara.

Acara diisi dengan tanya jawab seputar program kerja dinas yaitu sektor pertambangan dan energi. Berkenaan dengan energi paparan disampaikan oleh Ir. Pancasila Rekso Bantolo, M.Sc selaku Kepala Bidang Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, dan ketenagalistrikan disampaikan oleh Ir. Vincentius Yulianus Tarukan selaku Kepala Bidang Ketenagalistrikan, sedangkan Ir. H. Frediansyah menyampaikan paparan terkait geologi dan minerba. (so)

Read 1288 times Last modified on Last modified on October 15 2019

Kontak Kami

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Kalimantan Timur

Jl. MT. Haryono No.22 - Samarinda 75124

Telepon. (0541) 733621

Fax. (0541) 4113882