Kuliah Umum "Optimalisasi Pemanfaatan EBT di Kaltim"

Bertempat di Fakultas Teknik Universitas Mulawarman, pada hari Sabtu, 31 Agustus 2019 dilaksanakan Kuliah Umum Jurusan Teknik Kimia. Kuliah Umum ini mengambil tema Optimalisasi Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan Untuk Menjamin Ketahanan Energi di Kalimantan Timur. Hadir sebagai narasumber yaitu Bapak Ir. Pancasila ReksoBantolo, M.Sc selaku Kepala Bidang Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Dinas ESDM Prov. Kaltim.

Kuliah Umum dimulai pada pukul 08.00 WITA dan dihadiri oleh mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Unmul dengan mengundang juga mahasiswa Politeknik Negeri Samarinda, Universitas Muhamaddiyah Kalimantan Timur, dan beberapa kampus lainnya di Samarinda. Mewakili pihak Jurusan Teknik Kimia hadir Ibu Novi Pralisa Putri, S.T, M.Eng sebagai salah satu pengajar.

Dalam paparannya, Bapak Bantolo menyampaikan berbagai aspek mengenai pentingnya pengembangan EBT di Kalimantan Timur untuk meningkatkan ketahanan energi. Sesuai dengan target yang tertuang dalam Rencana Umum Energi Daerah Prov. Kaltim, bauran EBT di Kaltim diproyeksikan mencapai angka 12,4% pada tahun 2025. Upaya pencapaian target ini perlu didukung semua pihak termasuk perguruan tinggi yang memiliki fungsi penelitian dan pengkajian. Diharapkan ada inovasi dari perguruan tinggi untuk peningkatan bauran EBT misalnya pada teknologi mesin transportasi, komponen pembangkit EBT, teknologi energi storage (penyimpanan energi), dan inovasi sumber energi lainnya untuk penggunaan secara luas di masyarakat.

Mahasiswa dan mahasiswi yang hadir sebagai peserta sangat antusias menyambut paparan ini. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan pada sesi diskusi. Untuk menutup kegiatan ini, Ibu Novi menyampaikan masukan agar di masa mendatang terus terjalin komunikasi dan silaturahim yqng baik antara Pemerintah Provinsi Kaltim dan perguruan tinggi. Diharapkan agar mahasiswa dan mahasiswi di Jurusan Teknik Kimia menumbuhkan ketertarikan dan minat penelitian di bidang EBT untuk mengoptimalkan potensi energi yang tersedia di sekitar kita demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Timur.

Read 1400 times

Kontak Kami

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Kalimantan Timur

Jl. MT. Haryono No.22 - Samarinda 75124

Telepon. (0541) 733621

Fax. (0541) 4113882