Super User

Super User



Samarinda, Kantor Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Prov.Kaltim didisinfektan pada Senin (23 Maret 2020) terkait merebaknya virus corona di Indonesia khususnya di Provinsi Kalimantan Timur.
Kegiatan disinfektan ini bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia Provinsi Kalimantan Timur yang diwakili oleh Sdr. Wahyu DC.

Disambut oleh Sekretaris Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Prov. Kaltim, Ir.H.Frediansyah bersama dengan Kasubbag Umum Hj. Nurliah Ermi, Tim Palang Merah Indonesia Kaltim melakukan disinfektan diseluruh ruangan kerja pegawai termasuk ruang rapat dan gudang.

Pada kesempatan ini H.Frediansyah menyerahkan bantuan kepada PMI Kaltim berupa 2 (dua) unit alat semprot yang diterima langsung oleh Perwakilan PMI Kaltim Sdr. Wahyu DC.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Prov. Kaltim Ir. H. Wahyu Widhi Heranata, MP menyambut baik kegiatan ini dan berharap agar penyebaran virus corona di Kalimantan Timur khususnya di Samarinda dapat diminimalisir dan segera berakhir sehingga masyarakat dapat beraktifitas seperti biasa.   

  .  
     

 


Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Kementerian ESDM RI menerbitkan wilayah potensi gerakan tanah yang ada di Indonesia. Khusus di Provinsi Kalimantan Timur informasi awal mitigasi kebencanaan geologi dalam hal ini gerakan tanah dapat dilihat pada tabel berikut ini .


Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Kementerian ESDM RI menerbitkan wilayah potensi gerakan tanah yang ada di Indonesia. Khusus di Provinsi Kalimantan Timur informasi awal mitigasi kebencanaan geologi dalam hal ini gerakan tanah dapat dilihat pada tabel berikut ini .


NO

NAMA PERUSAHAAN

PIMPINAN RAPAT

TANGGAL

PRESENTASI

1

Bumi Petangis, PT

H. Azwar Busra  12 Desember 2019​
2

Bukit Raya Coal Mining, PT

Baihaqi Hazami 23 Desember 2019

Samarinda,  Bidang Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Prov. Kaltim melaksanakan kegiatan Penyusunan DED PLTS Terpusat di 8 (delapan) lokasi di Kalimantan Timur. Presentasi Laporan Akhir penyusunan DED dilaksanakan di ruang rapat Lt.3 Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Prov. Kaltim pada Senin dan Selasa, 2-3 Desember 2019.

Penyusunan DED PLTS Terpusat ini dilaksanakan dalam rangka mendukung program pemerintah diantaranya peningkatan Rasio Elektrifikasi (RE) dan bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) di Kalimantan Timur yaitu untuk memenuhi kebutuhan terhadap desa-desa yang belum berlistrik di Kalimantan Timur.

Presentasi ini membahas desain teknis pembangunan PLTS Terpusat pada

  1. Desa Sandaran Kec. Sandaran Kab. Kutai Timur
  2. Dusun Labuan Bili Desa Sandaran Kec. Sandaran Kab. Kutai Timur
  3. Desa Enggelam Kec. Muara Wis Kab. Kutai Kartanegara
  4. Dusun Ketibeh Desa Enggelam Kec. Muara Wis Kab. Kutai Kartanegara
  5. Kampung Tendiq Kec. Siluq Ngurai Kab. Kutai Barat
  6. Kampung Tanjung Soke Kec. Bongan Kab. Kutai Barat
  7. Kampung Datah Naha Kec. Long Pahangai Kab. Mahakam Ulu
  8. Kampung Lirung Ubing Kec. Long Pahangai Kab. Mahakam Ulu

Kegiatan rapat presentasi laporan akhir ini dihadiri oleh perwakilan dari Bappeda Prov. Kaltim, Biro Infrastruktur dan SDA Setda Prov. Kaltim, PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah KALTIMRA, Dinas ESDM Kab. Kutai Kartanegara, Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kab. Kutai Timur, Kepala Desa Enggelam, dan Konsultan Perencana CV. Sapta Buana Jaya.

Rapat presentasi laporan akhir ini dibuka oleh Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Prov. Kaltim, Ir. H. Wahyu Widhi Heranata, M.P. Dalam sambutannya, Kepala Dinas ESDM Prov. Kaltim menyampaikan harapan agar seluruh pemangku kepentingan yang hadir menyampaikan masukan dan saran untuk kesempurnaan dokumen perencanaan ini.

Dokumen perencanaan ini harus disusun secara cermat agar dapat memberikan output yang baik dan outcome yang memberi dampak positif bagi masyarakat di lokasi-lokasi tersebut. Selain itu Kepala Dinas ESDM Prov. Kaltim mengapresiasi kegiatan ini sebagai bagian dari upaya penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) berbasis energi.

Dengan dokumen perencanaan yang baik diharapakan pelaksanaan pembangunan fisik PLTS Terpusat dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di lokasi-lokasi kegiatan tersebut.


Jakarta, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Prov. Kaltim, Ir. H. Wahyu Widhi Heranata, MP bersama Inspektur Tambang Kaltim menghadiri Presentasi Dokumen Rencana Kerja dan Anggaran Biaya PT. Trubaindo Coal Mining di Ditjen Minerba Jakarta pada Selasa (25/11/2019)


Samarinda, Ir. Pancasila Rekso Bantolo, M.Sc selaku Kepala Bidang Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Prov. Kaltim memberikan Kuliah Umum kepada ratusan mahasiswa di Gedung Fakultas Teknik Elektro Universitas Mulawarman, Samarinda, Sabtu (23/11/2019).

Kegiatan ini dihadiri Dekan Fakultas Teknik Universitas Mulawarman, Dahlan Balfas, Ketua Prodi Teknik Elektro, muslimin serta pemateri Subhan Petrana dari Prodi Teknik Elektro Unkhair Ternate.

Mengusung tema “Peran Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk Ketahanan Energi di Kalimantan Timur”, Bantolo tampak lugas menjelaskan mengenai potensi, keuntungan dan tantangan penerapan energi terbarukan di Kalimantan Timur.

“Energi terbarukan merupakan  energi yang ramah lingkungan dan rendah emisi dimana sumber energinya dapat diperbaharui, berkelanjutan, dan selalu tersedia dari alam serta tidak memerlukan bahan bakar, walaupun biaya investasi tinggi, biaya pemeliharaan relatif lebih rendah serta dapat saling mendukung pembangunan sektor lainnya misalnya pertanian, kehutanan, perkebunan, dan pariwisata,” ujarnya saat memaparkan kuliah umum yang digagas oleh Universitas Mulawarman Fakultas Teknik Elektro ini.

 

Bantolo menambahkan, bahwa tantangan penerapan energi terbarukan selain dari sebagian komponen penunjang yang masih mahal karena merupakan barang import (diproduksi di luar negeri), misalnya sel surya, inverter, charge regulator, pembangkit listrik biogas, turbin angin,  juga apabila dikelola mandiri oleh masyarakat, terjadi permasalahan seperti pemeliharaan, perbaikan, dan kurangnya kesadaran/rasa memiliki dari masyarakat, merupakan tantantangan tersendiri yang harus dihadapi.

Selain itu, lanjutnya, biaya investasi yang dikeluarkan lebih tinggi dibandingkan energi berbasis fosil serta beberapa potensi yang tersedia terletak di daerah terpencil yang sulit terjangkau seperti potensi air dan bioenergi, belum lagi tantangan lokasi yang tumpang tindih dengan kawasan hutan sehingga memerlukan perizinan yang tidak sederhana dan tentu saja ketergantungan pada kondisi alam misalnya cuaca/iklim, daerah  resapan air, penyinaran serta matahari.

Menurutnya, selama ini pemerintah telah cukup banyak melakukan upaya peningkatan penggunaan energi baru terbarukan seperti penggunaan komponen energi terbarukan dalam bahan bakar minyak malalui Peraturan menteri ESDM nomor 12 Tahun 2015 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan menteri Energi dan Sumber Daya Mineral nomor 32 Tahun 2008 tentang Penyediaan, Pemanfaatan dan Tata Niaga Bahan Bakar Nabati (Biofuel) Sebagai Bahan Bakar Lain), penggunaan kendaraaan bermotor listrik melalui Peraturan Presiden nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program kendaraan Bermotor Listrik Berbasais Baterai (Battery Electric Vehicle) Untuk Transportasi Jalan, pembangunan PLTS pada atap rumah melalui Peraturan Menteri ESDM nomor : 49 Tahun 2018 tentang Penggunaan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap oleh Konsumen PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero), pembangunan pembangkit listrik tenaga air sekala kecil dan besar, pembangunan listrik tenaga surya terpusat di wilayah perdesaan, penggunaan biomassa pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) serta pemanfaatan biogas POME (Palm Oil Mill Effluent) untuk Pembangkit Listrik Tenaga Gas.


NO

NAMA PERUSAHAAN

PIMPINAN RAPAT

TANGGAL

PRESENTASI

1

Gunung Bara Utama, PT

Alam Karya Gemilang, PT

Istiadi 10 September 2019
2

Trisensa Mineral Utama, PT

Indomining, PT

H. Wahyu Setiawan A.

Istiadi

19 September 2019
3

Mulia Persada Kartanegara, PT

Adimitra Baratama Nusantara, PT

H. Afkar 10 Oktober 2019
4

Nuansacipta Coal Investment, PT

Istiadi 29 Oktober 2019
5

Bukit Baiduri Energi, PT

Khotai Makmur Insan Abadi, PT

H. Wahyu Setiawan Andrianto 31 Oktober 2019
6

Kaltim Jaya Bara, PT

Hamparan Anugrah Abadi, PT

H. Wahyu Setiawan Andrianto 21 Nopember 2019​
7 Alamjaya Bara Pratama, PT  Istiadi  27 Nopember 2019 

Page 1 of 9

Kontak Kami

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Kalimantan Timur

Jl. MT. Haryono No.22 - Samarinda 75124

Telepon. (0541) 733621

Fax. (0541) 4113882