Penyusunan DED PLTS Terpusat, Meningkatkan Rasio Elektrifikasi dan Bauran Energi Baru Terbarukan

Samarinda,  Bidang Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Prov. Kaltim melaksanakan kegiatan Penyusunan DED PLTS Terpusat di 8 (delapan) lokasi di Kalimantan Timur. Presentasi Laporan Akhir penyusunan DED dilaksanakan di ruang rapat Lt.3 Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Prov. Kaltim pada Senin dan Selasa, 2-3 Desember 2019.

Penyusunan DED PLTS Terpusat ini dilaksanakan dalam rangka mendukung program pemerintah diantaranya peningkatan Rasio Elektrifikasi (RE) dan bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) di Kalimantan Timur yaitu untuk memenuhi kebutuhan terhadap desa-desa yang belum berlistrik di Kalimantan Timur.

Presentasi ini membahas desain teknis pembangunan PLTS Terpusat pada

  1. Desa Sandaran Kec. Sandaran Kab. Kutai Timur
  2. Dusun Labuan Bili Desa Sandaran Kec. Sandaran Kab. Kutai Timur
  3. Desa Enggelam Kec. Muara Wis Kab. Kutai Kartanegara
  4. Dusun Ketibeh Desa Enggelam Kec. Muara Wis Kab. Kutai Kartanegara
  5. Kampung Tendiq Kec. Siluq Ngurai Kab. Kutai Barat
  6. Kampung Tanjung Soke Kec. Bongan Kab. Kutai Barat
  7. Kampung Datah Naha Kec. Long Pahangai Kab. Mahakam Ulu
  8. Kampung Lirung Ubing Kec. Long Pahangai Kab. Mahakam Ulu

Kegiatan rapat presentasi laporan akhir ini dihadiri oleh perwakilan dari Bappeda Prov. Kaltim, Biro Infrastruktur dan SDA Setda Prov. Kaltim, PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah KALTIMRA, Dinas ESDM Kab. Kutai Kartanegara, Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kab. Kutai Timur, Kepala Desa Enggelam, dan Konsultan Perencana CV. Sapta Buana Jaya.

Rapat presentasi laporan akhir ini dibuka oleh Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Prov. Kaltim, Ir. H. Wahyu Widhi Heranata, M.P. Dalam sambutannya, Kepala Dinas ESDM Prov. Kaltim menyampaikan harapan agar seluruh pemangku kepentingan yang hadir menyampaikan masukan dan saran untuk kesempurnaan dokumen perencanaan ini.

Dokumen perencanaan ini harus disusun secara cermat agar dapat memberikan output yang baik dan outcome yang memberi dampak positif bagi masyarakat di lokasi-lokasi tersebut. Selain itu Kepala Dinas ESDM Prov. Kaltim mengapresiasi kegiatan ini sebagai bagian dari upaya penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) berbasis energi.

Dengan dokumen perencanaan yang baik diharapakan pelaksanaan pembangunan fisik PLTS Terpusat dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di lokasi-lokasi kegiatan tersebut.

Read 1529 times Last modified on December 03 2019

Kontak Kami

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Kalimantan Timur

Jl. MT. Haryono No.22 - Samarinda 75124

Telepon. (0541) 733621

Fax. (0541) 4113882